Halaman

Kamis, 19 September 2013

Batman : The Dark Knight Returns

Nggak... judul di atas bukan saya yang salah nulis Batman : The Dark Knight Rises... Batman : The Dark Knight Returns adalah DC Universe Animated Original Movie yang merupakan adaptasi dari komik "The Dark Knight Returns" oleh Frank Miller yang terbit di tahun 1986. Kali ini, saya akan membahas kedua film tersebut.



Yang pertama Batman : The Dark Knight Returns Part 1. Awalnya, saya agak pesimis saat mendownload film ini. Setelah nonton beberapa DC animated original movie yang beberapa sangat bagus, saya agak menyangsikan apakah film Batman yang ini akan sebagus film Batman favorit saya, Batman : Under the Red Hood. Akhirnya, saya akui, film ini memiliki appeal tersendiri yang membuat saya menyukainya. Berkisah tentang Batman yang telah pensiun selama 10 tahun, dan munculnya gang bernama The Mutants yang mengacau di Gotham City, saya merasa disuguhi sebuah masyarakat Gotham yang berada di bawah tekanan pelaku kriminal karena absennya Batman. Selain itu, Komisaris Jim Gordon juga hampir pensiun, dan masyarakat kini memandang Batman sebagai mitos. Namun, dengan meningkatnya kriminalitas di Gotham dan kenangan akan kematian orang tuanya, sekali lagi Bruce Wayne harus mengenakan topeng Batman.

Saya menyukai kembalinya Batman menimbulkan perdebatan sengit. Musuh-musuh lama Batman yang dirawat di Arkham Asylum (kali ini disebut Arkham Home) pun ditampilkan; seperti Harvey Dent (Two-Face) yang sudah mengalami operasi plastik, dan lainnya. Dibandingkan dengan beberapa film animasi Batman, saya merasa film Batman kali ini sedikit lebih "gelap" ( atau munkin cuma perasaan saya), dan melihat Bruce Wayne yang sudah tua, saya bertanya-tanya berapa umur Alfred... Kemunculan Carrie Kelley sebagai Robin juga tidak begitu mengganggu (meski saya menyukai Tim Drake atau Damian... Well, beggars should not choose, right?), dan beberapa elemen cerita mungkin terasa agak kurang, terutama melihat Batman yang jadi tidak sekeren sebelumnya (baik di DCAU series, atau pun movie).

Komentar saya setelah menonton part 1, yah... so-so...




Namun, Part 2-nya cukup mengejutkan saya. Saya merasa disuguhi sesuatu yang cukup gore dan penuh violence, yang membuat saya berpikir, "Man, kalau saya punya anak besok, dia nggak akan boleh nonton ini sebelum umurnya sembilan belas!" Yeah, mungkin nggak se-gore itu, tapi tetap saja beberapa part tidak pantas ditonton anak-anak atau remaja.

Kemunculan Superman membuat saya merasa Part 2 memiliki jalan cerita yang lebih menarik, dan saya tetap sebal dengan Mr. President (bukan... Presidennya bukan Obama). Karakter bermunculan, jalan cerita yang lebih gore dan kembalinya villain favorit saya sepanjang masa selain Scar dari Lion King; Gotham's Prince of Clown, Joker. Dan betapa bahagianya saya melihat senyum gilanya itu! Bagi saya, seorang Joker lebih keren daripada si evil-genius Lex Luthor, atau Darkseid, atau Brainiac, atau Grodd, atau Vandal Savage, atau Morgan LeFay... Joker memiliki tempatnya tersendiri sebagai seorang maniak, dan mungkin itulah salah satu appeal Batman : The Dark Knight Returns Part 2 (karena saya merasa Joker lebih keren daripada Two-Face).

Dari segi desain karakter dan animasi, mungkin The Dark Knight Returns akan terlihat biasa saja, tapi dari segi cerita saya merasa ada nilai tambah. Karena tidak ingin memberi lebih banyak spoiler, saya hanya punya satu komentar. It's worth it.

Semoga DC dan WB menghasilkan film-film yang lebih luar biasa lagi. Untuk Justice League : Flashpoint Paradox, mungkin akan saya bahas kapan-kapan...

1 komentar:

  1. ya menurut gw ini film dc paling bagus setelah trilogi nolan.. alur cerita yang epik ditambah grafik yang keren.. pokoknya ajib dah.. oh yah, untuk pertarungan dengan superman gw rasa jauh lebih bagus daripada film batman v superman.. haha pokoknya recomend sekali film ini

    BalasHapus